Sekilas Mengenal Yono Slalu dari Ikatan Ngamen Indonesia

· | JOE HOO GI | 12/11/2015
Sekilas Mengenal Yono Slalu Dari Ikatan Ngamen IndonesiaBagi generasi yang intens mengikuti perkembangan musik balada tahun 1980-an, maka nama Yono Slalu tidak asing di telinga para pendengarnya kecuali mereka yang gandrung kepada lagu-lagu pop cengeng dipastikan nama Yono Slalu akan terasa asing di telinga

JOEHOOGI.COM - Lagu-lagu yang dilantunkan oleh Yono Slalu acap saya dengar sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1984. Betapa lagunya yang berjudul Surat Cinta Anak Sekolah hingga sampai sekarang masih membekas dalam ingatan saya.

Tidak terasa sudah 31 tahun lagu ini masih melekat di ingatanku. Tentunya bagi generasi yang intens mengikuti perkembangan musik balada yang sarat kritik sosial di tanah air kita pada tahun 1980-an, maka nama Yono Slalu tidak asing di telinga para pendengarnya, kecuali kepada mereka yang masih berkutat mengikuti perkembangan musik popular yang pada waktu itu dikuasai oleh lagu-lagu pop cengeng, maka dapat dipastikan nama Yono Slalu akan terasa asing di telinga kita.

Awal mengenal jejak karir Yono Slalu pada album kaset kompilasinya bersama Anto Trisna dan Didi Kiswara berjudul Suminten yang beredar pada tahun 1985. Konon album kaset kompilasi ini tampaknya sulit untuk kita dapatkan kembali dipasaran.

Pada album kompilasi yang terdiri dari sepuluh lagu ini, Yono Slalu tampil dengan tiga lagu karyanya antara lain: Kabar dari Jalanan Beirut, Cinta Anak Sekolah dan Untukmu Aku Bernyanyi Jakarta.

Pada sekitar antara tahun 1988 dan 1989 telah beredar album kaset Gara-Gara Suzana yang dinyanyikan oleh Yono Slalu bersama beberapa personil yang tergabung dalam wadah Ikatan Ngamen Indonesia (INI). Keseluruhan lagu dari sepuluh lagu yang tersaji di album Gara-Gara Suzana ini diciptakan oleh Yono Slalu.

Akhirulkalam, sebagai penutup saya akan mempresentasikan kembali lagu akustik baladanya Yono Slalu berjudul Surat Cinta Anak Sekolah yang dirilis pada tahun 1984 melalui kanal Youtube saya. Selamat menyaksikan. 
Follow JOE HOO GI 







Baca Lainnya

    Artikel Terkait